Dek Penerbangan Pesawat Antariksa Endeavour

http://astronesia.blogspot.com/

Bagaimana ya rasanya menerbangkan sebuah pesawat antariksa ? Meskipun pesawat ulang-alik NASA yang terakhir kini sudah dipensiunkan, rasanya masih menarik membayangkan duduk di ruang kontrol di salah satu mesin paling canggih yang pernah dibuat oleh manusia.

Gambar diatas adalah dek penerbangan pesawat antariksa Endeavour, pesawat paling muda dan terakhir kedua yang pernah diluncurkan. Panel dan layar yang banyak memungkinkan pengendalian dilakukan oleh komputer saat memasuki bagian atas atmosfer bumi pada kecepatan melebihi kecepatan suara dan – hanya dalam tiga puluh menit kemudian – mendarat di sebuah landasan pacu seperti pesawat terbang biasa.

Pesawat ulang-alik yang telah dipensiunkan saat ini dikirim ke museum-musuem, Endeavour dikirim ke California Space Center di Los Angeles California, Atlantis ke kompleks Kennedy Space Visitor Center di Merritt Island Florida dan Discovery ke Udvar-Hazy Annex of the National Air dan Space Museum di Chantilly Virginia. Oleh karenanya, menduduki kursi pilot pesawat-pesawat tersebut dan membayangkan getaran penerbangan antariksa manusia mungkin bisa menjadi kenyataan bagi Anda.

0 comments:

welcome to my blog. please write some comment about this article ^_^