Seoul Jadwalkan Tanggal Baru Peluncuran Roketnya


ilustrasi

Astronesia-Korea Selatan kemungkinan akan menetapkan tanggal baru bagi peluncuran roket ruang angkasa pertamanya Senin setelah bagian roket buatan Rusia yang cacat membuat mustahil bagi peluncuran roket itu pekan lalu, kata para pejabat.

Komite Persiapan Peluncuran akan bertemu pada pukul 11.00 waktu setempat untuk memutuskan kapan peluncuran Roket Ruang Angkasa Korea Vehicle-1 (KSLV-1) akan berlangsung.

Roket, juga dikenal sebagai Naro-1, semula dijadwalkan akan diluncurkan Jumat, namun peluncuran dibatalkan karena segel karet rusak di konektor antara landasan peluncuran dan tahap pertama mesin dorong roket.

Korea Selatan telah sepakat untuk mengirim segel yang rusak itu kembali ke pabriknya di Rusia, Pusat Riset Negara dan Produksi Ruang Angkasa Khrunichev, untuk melihat apakah segel tersebut adalah satu-satunya masalah atau jika pecah menyebabkan masalah lainnya terdeteksi, seperti kesenjangan antara segel dan bagian di sekelilingnya, kata Lembaga Penelitian Ruang Angkasa Korea (KARI), pengembang program utama ruang angkasa Korea Selatan.

Proses ini akan memakan waktu minimal empat-lima hari, katanya, yang berarti peluncuran di dalam tanggal yang ditetapkan sebelumnya, yang berakhir pada Rabu, tidak akan mungkin.

"Pada pertemuan hari ini, Komite Persiapan Peluncuran akan meninjau laporan dari Komite Uji Terbang, yang diadakan di Naro Space Center pada Sabtu, dan mendiskusikan rencana masa depan untuk peluncuran Naro-1," kata KARI dalam pernyataan yang disiarkan.

Hanya ada periode tertentu sepanjang tahun kapan satu roket ruang angkasa dapat dikirim ke ruang angkasa karena berbagai masalah, seperti kegiatan surya.

Seorang pejabat KARI mengatakan, jendela waktu seperti itu hanya dibuka sampai pertengahan November tahun ini.

Sebelumnya sudah dua kali Korea Selatan berupayauntuk mengirimkan KSLV-1 ke ruang angkasa pada Agustus 2009 dan Juni 2010 namun berakhir dengan kegagalan.

tvonenews.com

0 comments:

welcome to my blog. please write some comment about this article ^_^