PERADABAN ROMAWI

1. LETAK DAN KEADAAN ALAM ROMAWI

Daerah awal kekuasaan kerajaaan romawi adalah semenanjung apenina atau daerah italia sekarang. Daerah italia terdiri atas daerah pegunungan dan dataran rendah. Dataran-dataran rendah itu,merupakan daerah yang subur didiami bangsa romawi yang hidup berkelompok dengan mengusahakan pertanian. Hasil buminya terdiri dari gandum,jagung,padi,sayur-sayuran dan buah anggur. Sedangkan daerah padang rumput digunakan untuk usaha peternakan seperti biri-biri.
Pegunungan apenina juga menghasilkan bahan mineral diantaranya biji besi,tembaga,emas dan batu puallam.

2. ASAL-USUL BANGSA ROMAWI

Bangsa romawi merupakan pencampuran darah antara penduduk asli dengan suku-suku kelana.suku-suku kelana yang datang dari arah utara lebih dulu datang di italia dari suku-suku kelana yang datang dari daerah padang rumput sekitar laut kaspia. Suku kelana memiliki kelbihan dalam bidang militer,yaitu suku etruska yang berhasil menguasai daerah latinum,toskana,dan etruria.

3. ADMINISTRASI DAN PEMERINTAHAN

A. zaman kerajaan ( 750-510 sm )

kerajaan romawi berasal dari sebuah kota,yaitu kota roma.menurut cerita tradisi rakyat, kota roma didirikan oleh romus dan romulus tahun 750/751 sm diatas tujuh buah bukit.
Pemerintah dijalankan oleh seorang raja yang memegang kekuasaan tak terbatas.ia juga merangkap sebagai panglima perang dan hakim tertinggi. Seorang raja dibantu oleh dewan senat yang beranggotakan 300 orang yang terdiri atas kaum patricia (bangsawan) yang membuat undang-undang. Diluar senat juga terdapat dewan perwakilan rakyat( comitia curiata).

B. zaman republik ( 510-31 sm)

pada mulanya republik romawi adalah republik kaum patricia dengan sistem pemerintahannya bersifat aristokrat.ketika itu masih berbentuk sebuah polis atau negara kota,namun dalam waktu 5 abad republik polis menjadi sebuah imperium.
Imperium romanum menguasai wilayah yang sangat luas.wilayah kekuaasaannya meliputi seluruh wilayah laut tengah. Timbulnya golongan proletar ( kaum gelandangan ) artinya golongan yang hanya mempunyai anak, karena proler berarti anak.
Kekuasaan tertinggi di imperium romanum dipegang oleh senat. Fungsi senat telah berubah dari badan penasehat menjadi badan yang paling berkuasa di seluruh negara, sehingga seseorang hanya mungkin diangkat menjadi konsul apabila disukai / dapat diperelat oleh senat. Kekuasaan senat ini di tantang oleh panglima para perang.
Triumvirat I
untuk menghadapi senat, pada tahun 64 sm, para panglima perang seperti pompeius,crassus,dan yulius caeser membentuk persekutuan tiga serangkai / lebih dikenal dengan sebutan triumvirat .kemunculan triumvirat membuat senat tidak mempunyai kekuasaan lagi.setelah crassus meninggal, hubungan antara yulius caesar dan pompeius mulai retak. Hal ini disebabkan pompeius iri melihat keberhasilan yulius caesar. Yulius sebagai penguasa tunggal di seluruh imperium romanum. Ia praktis menjadi seorang diktator .
Triumvivat II
Kematian yulius menimbulkan kekacauan, karena para anggota senat. Usaha senat berhasil digagalkan oleh para panglima yulius caesar yang membentuk triumvivat baru tahun 43 sm. Anggotannya adalah: antonius,lepidus,dan ocktavianus.
Ketika keamanan telah pulih kembali,para panglima ini mengadakan pembagian wilayah kekuasaan, yakni :
a. Antonius mendapat bagian di wilayahdi sebelah timur,yaitu propinsi asia kecil dan mesir
b. Lepidus mendapat bagian wilayah di daerah afrika bagian utara dan pulau-pulau disekitarnya
c. Oktavianus mendapat bagian wilayah di sebelah barat, meliputi daerah yang membentang dari yunani sampai spanyol.

C. kekaisaran Romawi (31-476 sm)

Ocktavianus akhirnya diangkat menjadi kaisar pertama oleh senat. Senat memberi gelar augustus kepada ocktavianus(artinya maha mulia ). Ocktavianus diakui pula sebagai panglima tertinggi/ imperator. Para gubernur militer yang memerintah di propinsi hanya tunduk dan taat kepada perintah kaisar yang memerintah atas daerah yang dikuasainya. Ia juga menjabat sebagai kepala agama atau pontifex maximus,bahkan kemudian menganggap dirinya dewa.
Pengganti octavianus adalah tiberius ( 14- 37 M). Pada masa pemerintahanya tiberius,di daerah palestina berkembang agama kristen yang di ajarkan yesus kristus(nabi isa). Agama kristen terus berkembang, penganut agama kristen terutama dari golongan budak.
Pada masa pemerintahan kaisar nero(54-68 M)penindasan dan pengajaran terhadap umat kristean mencapai puncaknya.
Konstanting agung (306-337), melalui edict milan memerintahkan penghentian pengajaran dan penyiksaan terhadap umat agama kristen.
Pada masa pemerintahan kaisar theodosius(378-395) agama kristen dinyatakan sebagai agama negara.

D. pembagian Romawi

Kekaisaran romawi barat dengan ibukota roma sejak pembagian kekaisaran romawi barat tidak bertahan lama karena terjadi serangan dari bangsa HUN atau bangsa indo jerman.
Pada pertengahan abad ke-5 masehi, yang berkuasa di romawi barat bukan lagi kaisar romawi, melainkan jemdral-jendral berbagai bangsa tadi. Sedangkan kekaisaran romawi hanya boneka belaka. Akhirnya pada tahun 476 M. Kaisar odoaker dari romawi barat turun tahta. Berakhirlah kekuasaan romawi barat.
Kekaisaran romawi timur dengan ibu kota konstanti nopel. Bahkan kekaisaran romawi timur dapat bertahan 10 abad lamanya. Hal ini disebabkan oleh letak ibu kota konstatinopel (sekarang istanbul) sangat strategis di tiap kekaisaran romawi timur mencapai puncak kebesarannya pada masa kaisar yusti nianus (527-563 M).
Pada masa kekuasaan yustinianus, kota konstanti nopel menjadi terkaya yang terindah di dunia. Karena terdapat bangunan gereja yang indah dan megah, yaitu gereja hagia sopia (kini menjadi mesjid) kaisar ini meletakkan dasar-dasar hukum romawi yang lebih dikenal dengan nama corpus luris (codxdex yustinianus).
Kaisar romawi timur terus dapat bertahan hingga tahun 1453 M. Pada tahun itu, terjadi serangan dari bangsa turki isman atau turki ottoman yang mengakibatkan runtuhnya kekaisaran romawi timur. Bangsa turki tetap menjadikan konstantinopel sebagai ibukota negaranya dengan mengganti namanya menjadi istanbul.


4. PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan pada zaman kekaisaran romawi, yaitu sebagai berikut :
a. pengetahuan seni bangunan sangat berjasa kerena mereka berhasil menemukan beton untuk membangun bangunan yang kokoh dan kuat seperti kubah yang berbentuk setengah bola
b. pengetahuan dan teknik pembuatan jalan,jembatan,saluran air,pembuangan air dalam kota.
c. Pengetahuan dan kemampuan mengorganisasi dalam bidang kemiliteran.
d. Dalam bidang hukum bangsa roma telah memiliki norma-norma kehidupan hukum yang bersumber pada kesetiaan warga negara.
e. Pengetahuan dalam bidang pemerintahan.

5. KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI

a. kehidupan sosial masyarakat
masyarakat romawi terdiri atas golongan masyarakat bebas dan golongan
budak. Hak para budak diambil alih oleh majikannya, sehingga nasib para budak berada di tangan majikannya. Pada masa pemerintahan republik romawi, jumlah para budak meningkat.
‘ seorang budak dapat menjadi masyarakat bebas apbila telah membayar sejumlah harta atau harga yang telah ditetapkan untuk dirinya. Akhirnya pada tahun 133 SM, para budak di pulau sicilia memberontak tapi gagal dan ditindas dengan tegas.

b. kehidupan ekonomi masyarakat
perkembangan perekonomian yang pesat pada masa pemerintahan kaisar okta vianus. Perdagangan berkembang pesat dan semua pelabuhan disekitar laut tengah menjadi pusat perdagangan dan pusat pelayaran. Romawi juga menjalin hubungan perdagangan dengan daerah-daerah yang berada di sekitar laut tengah dan bangsa china.
Barang expor romawi berupa keramik, barang-barang dari besi dan perunggu,kayu dan sejenis minuman angggur. Sedangkan barang importnya antara lain sutra dari china, rempah-rempah dari indonesia, kain katun dan mitiara dari india, bahkan pakaian, kaca, kertas, gading dari mesir.

6. KEPERCAYAAN

Ketika kerajaan romawi berdiri, kepercayaan masyarakat masih bersifat animisme. Kepercayaan ini mengenal dengan beberapa roh seperti :
a. vesta sebagai roh pengurus api tungku
b. lares sebagai roh penjaga rumah tngga dan batas ladang keluarga
c. penates sebagai roh penjaga lumbung

di samping kepercayaaan masyarakat yang politeisme, masyarakat romawi percaya akan :
1. perawan vesta yang bertugas menjaga api suci vesta dan sebagai dewi api yang merupakan lambang negara romaw.
2. orakel cybele merupakan tulisan sandi kuno yang dihimpun kedalam 9 kitab cybele yang menjadi acuan nasehat dan kedaan darurat perang dsb.
3. pontivex maximus, kaisar sebagai kepala agama




7. PENINGGALAN BUDAYA

a. coloseum dan amphitheater, yaitu suatu bangunan yang berwujud serta berbentuk stadium dan dapat menampung puluhan ribu penonton.
b. Pantheon yaitu rumah dewa orang-orang romawi
c. Viaduct dan aquadutct yang berfungsi sebagai saluran air
d. Limes atau rangkaian benteng yang panjang hingga puluhan kilo meter, se

0 comments:

welcome to my blog. please write some comment about this article ^_^