Temukan Gaya Belajarmu


Diposting oleh Siska pada Nov 22, '07 3:29 AM untuk semuanya
Langkah awal untuk membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan lebih cepat adalah dengan mengerti gaya belajar Anda sendiri. Langkah kedua adalah dengan mengetahui gaya belajar yang paling efisien dari materi yang ingin Anda pelajari. Bila kedua gaya ini saling mendukung, maka Anda praktis akan sangat mudah dalam belajar dan mengingat kembali apa yang telah Anda pelajari. Untuk mengetahui gaya belajar yang Anda sukai, jawablah 36 pertanyaan berikut ini.
Berilah lingkaran pada pernyataan yang Anda setujui :
  1. Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada di kaset daripada membaca buku
  2. Jika saya mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca instruksinya terlebih dahulu.
  3. Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan kuliah
  4. Saat saya seorang diri, saya biasanya memainkan musik atau lagu atau bernyanyi
  5. Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku
  6. Saya selalu dapat menunjukkan arah utara atau selatan dimanapun saya berada
  7. Saya suka menulis surat atau jurnal
  8. Saat saya berbicara, saya suka mengatakan, "Saya mendengar Anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus."
  9. Ruangan, meja, mobil, atau rumah saya biasanya berantakan/tidak teratur
  10. Saya suka merancang, mengerjakan, dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya
  11. Saya tahu hampir semua kata-kata dari lagu yang saya dengar
  12. Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang mereka katakan dalam pikiran saya
  13. Saya suka olahraga dan saya rasa saya adalah olahragawan yan gbaik
  14. Mudah sekali sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat berbicara di telepon
  15. Tanpa musik, hidup amat membosankan
  16. Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja
  17. Saat melihat objek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali objek yang sama walaupun posisi objek itu diputar atau dirubah
  18. Saya biasanya mengatakan, 'Saya rasa, saya perlu menemukan pijakan atas hal ini, atau saya ingin bisa menangani hal ini."
  19. Saya mengingat sesuatu pengalaman, saya sering kali melihat pengalaman itu dalam bentuk gambar di dalam pikiran saya
  20. Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali mendengar suara dan berbicara pada diri saya mengenai pengalaman itu
  21. Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kai ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman itu
  22. Saya lebih suka musik dari pada seni lukis
  23. Saya sering mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon atau dalam suatu pertemuan.
  24. Saya lebih suka melakukan contoh peragaan dariapada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian
  25. Saya lebih suka membacakan cerita daripada mendengarkan cerita
  26. Saya biasanya berbicara dengan perlahan
  27. Saya lebih suka berbicara daripada menulis
  28. Tulisan tangan saya biasanya tidak rapi
  29. Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca
  30. Saya dapat dengan cepat melakukan  penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya
  31. Saya suka mengeja dan saya pikir saya pintar mengeja kata-kata
  32. Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saya saat saya sedang menonton televisi
  33. Saya suka mencatat perintah atau instruksi yang disampaikan kepada saya
  34. Saya dapat mengingat dengan mudah apa yang dikatakan orang
  35. Saya paling mudah belajar sambil mempraktekkan/melakukan
  36. Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama
Lingkarilah angka berikut ini sesuai dengan pernyataan (di atas) yang Anda pilih. Jumlah total untuk setiap kategori. Semakin tinggi angka pada kategori tertentu berarti semakin suka Anda menggunakan gaya belajar itu. Misalnya, pada Gaya Belajar Visual, Anda melingkari nomor 2, 6, 7, dan 12. Maka Skor Total adalah 4 (karena Anda memilih 4 nomor). Demikian seterusnya. Yang perlu diingat, Anda mungkin saja menggunakan lebih dari satu gaya belajar.

Gaya Belajar Visual                             Total
 2     3     6     7   12   17
19   23   25   30   31   33

Gaya Belajar Auditori
  1     4      8   11    14   15
16    20   22   27  32   34 

Gaya Belajar Kinestetis
  5    9    10    13    18   21
24   26   28   29   35   36

Sumber :
Adi W. Gunawan, Born To Be a  Genius  Gramedia : Jakarta, Hal. 88-91
http://ibnuchaldunoke.multiply.com/journal/item/59

0 comments:

welcome to my blog. please write some comment about this article ^_^