Berita Hot: Ballon d'Or, Akhir Dominasi Messi dan Tangisan Ronaldo











VIVAbola - Usai sudah dominasi Lionel Messi dalam penghargaan FIFA Ballon d'Or. Setelah menyabetnya 4 kali beruntun, Messi kini harus mengakui keunggulan rivalnya, Cristiano Ronaldo. Ronaldo sukses meraih gelar pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or 2013.

Ronaldo sukses mengalahkan dua nominator lainnya, Franck Ribery dan Lionel Messi. Ini merupakan penghargaan Ballon d'Or kedua yang diterima Ronaldo. Sebelumnya, CR7 meraih Ballon d'Or pertamanya pada tahun 2008 saat masih memperkuat klub elit Inggris, Manchester United.

Ronaldo menyabet Ballon d'Or setelah meraih 1.365 poin. Messi gagal meraih trofi kelimanya secara beruntun, karena hanya mengumpulkan 1.205 poin, sedangkan Ribery di tempat ketiga dengan 1.127 poin.

Tangis tak bisa lagi dibendung oleh pemain 28 tahun ini. Bintang Real Madrid dan timnas Portugal ini terlihat menitikkan air mata saat berada di atas panggung usai menerima trofi.

"Saya melihat ibu saya, dan dia menangis. Saya coba mengontrol diri saya tapi ikut menangis juga," jelasnya seperti dilansir Sky Sports. "Ballon d'Or saya sangat penting, tapi ini lebih emosional karena saya di depan ibu dan anak saya."

"Ribery adalah pemain yang menakjubkan dan dia pantas menang, begitu juga Messi, tapi saya yang memenangkannya," imbuh Ronaldo.

Ronaldo pun menilai dirinya pantas merebut gelar individual bergengsi tersebut. "Jika trofi ini diberikan oleh orang banyak, maka mungkin saya pantas meraihnya," ujar Ronaldo.

"Messi atau Ribery juga pantas mendapat Ballon d'Or, tapi saya yang memenangkannya. Saya merasa sangat senang bisa memenangkan Ballon d'Or dan akan berbagi penghargaan ini dengan Real Madrid," lanjut mantan punggawa Sporting Lisbon dan Manchester United ini.

Beberapa catatan menarik ditorehkan Ronaldo setelah menyabet Ballon d'Or. Ronaldo adalah pemain pertama sejak Luis Figo pada 2000 yang memenangi gelar Ballon d'Or tanpa meraih trofi bersama klub. Dia juga tercatat sebagai pemain pertama Real Madrid sejak Ronaldo Brasil pada 2002 yang meraih gelar Ballon d'Or.

Sang rival, Messi secara ksatria mengakui keunggulan Ronaldo. Tahun 2013 lalu, Ronaldo memang lebih banyak mencetak gol dibandingkan Messi yang beberapa kali harus absen karena mengalami cedera.

"Dia (Ronaldo) melalui tahun yang hebat. Jadi tidak ada yang perlu dikatakan lagi. Ini adalah tahun yang bagus buat kami bertiga para nominator. Jadi siapapun yang menang, maka dia adalah sosok yang pantas memenanginya," katanya dilansir Tribal.

"Saya tidak tahu apakah hasilnya akan berbeda jika saya tidak mengalami cedera. Tidak ada yang perlu dibahas tentang itu. Cristiano memiliki tahun yang luar biasa dan dia pantas mendapatkannya," lanjutnya.Sistem Untungkan RonaldoTernyata keberhasilan Ronaldo merebut Ballon d'Or tak terlepas dari sistem voting yang digunakan. Menurut Daily Mail, Ribery akan dengan mudah menjadi pemain terbaik dunia 2013 jika masih menggunakan sistem voting pada 2009. Saat itu, pemenang hanya ditentukan oleh suara dari media saja.

Jika mengacu pada sistem tersebut, Ribery akan menjadi juara. Dari seluruh jurnalis internasional yang ambil suara, 80 memilih sang pemain terbaik Eropa untuk menjadi pemain terbaik dunia 2013. Sementara Ronaldo mendapat 48 dukungan dan Messi hanya 31 saja.

Versi awal Ballon d'Or sejak 1956 sampai 2009, memang pemenang pemain terbaik dunia hanya berdasarkan jajak pendapat media-media terpilih dari seluruh dunia. Baru pada 2010, kapten timnas dan pelatih mendapatkan kesempatan memilih.

Sistem ini yang rupanya juga mendapat tanggapan dari Presiden UEFA, Michel Platini. "Selama 50 tahun, saya rasa Ballon d'Or diambil dari hasil atau gelar tapi ini tak lagi terjadi. Dan saya rasa Ribery tak memenangkan penghargaan ini saat ia berhasil memenangkan semua gelar menjadi bukti ada sebuah masalah. Sama dengan yang terjadi pada pemain-pemain Spanyol pada 2010," kata Platini.

Dan kekuatan Ronaldo terletak dari dukungan pelatih-pelatih top dunia. Dari 172 pelatih, banyak yang memilih Ronaldo sebagai pemain terbaik. Total, 53 suara mendukung Ronaldo, berbanding 39 milik Messi dan Ribery.

Pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari, memberikan suaranya untuk Ronaldo, Messi, dan Zlatan Ibrahimovich. Sementara itu, pelatih Inggris, Roy Hodgson, memilih Ronaldo di posisi pertama, lalu Ibrahimovic dan Robin van Persie di posisi dua serta tiga.

Lihat berita menarik lainnya dengan mengklik tautan ini.

http://ift.tt/1j5N9Hv

0 comments:

welcome to my blog. please write some comment about this article ^_^