Berita Hot: FOKUS: Lima Hal Yang Bisa Diharapkan Manchester United Dari Juan Mata



Kehadiran Juan Mata sekiranya bisa mendongkrak performa Manchester United di sisa musim ini.

OLEH

ADHE MAKAYASA

Ikuti di twitter Hangatnya bursa transfer musim dingin kali ini diawali dari Old Trafford perihal kabar ketertarikan Manchester United untuk mendapatkan gelandang serang milik Chelsea Juan Mata.

The Red Devils memang santer diisukan akan mendatangkan Mata dengan tawaran yang mampu memecahkan rekor transfer klub, yakni sebesar £37 juta. Pemain asal Spanyol itu juga belum mendapat kepercayaan dari manajer Jose Mourinho sehingga ia sangat berpeluang hijrah dari Stamford Bridge.

Meski di musim ini kesempatan bermain pria 25 tahun itu terbatas, namun tetap saja mantan penggawa Valencia ini memiliki kualitas yang dibutuhkan United. Sekiranya, kehadiran Mata akan mampu memperbaiki musim pasukan Setan Merah yang amburadul.

Seperti diketahui, tim arahan David Moyes mengalami musim yang buruk lantaran terlempar dari empat besar di tabel klasemen Liga Primer, juga mereka yang tumbang di putaran ketiga Piala FA dan juga semi-final Piala Liga.

Terlepas itu, harapan United untuk berkompetisi tetap ada, yakni ajang Liga Champions Eropa setelah meraih tiket ke babak 16 besar dengan ditantang wakil Yunani Olympiakos.

Dan untuk menghidupkan peluang mereka, sebuah paket transfer tengah dirancang dengan mengincar Mata - seorang pemain yang dianggap kebanyakan fans The Blues sebagai penampil terbaik di musim lalu.

Statistik Mata jauh di atas pemain United lainnya, dengan The Red Devils yang mewakilkan Michael Carrick sebagai pemain dengan umpan terbanyak - yakni 1.061 dari 51 laga sejak awal musim 2012/13 hingga matchday ke-22 musim ini. Statistik tersebut coba kita bandingkan dengan Mata, yang dari 48 laga terakhir di EPL mampu melancarkan umpan sejumlah 1.171 kali.

Selain itu, pria bercambang tersebut juga sangat banyak menghasilkan peluang, yang berada di angka 125 - termasuk assists. Sedangkan pemain top asal United tidak ada yang mampu menyamainya, dengan Antonio Valencia berada di urutan kedua dengan 60 kali menciptakan peluang dan assists.



Dengan United yang kini menghuni peringkat ketujuh dan terpaut 14 poin dari sang pemuncak Arsenal, kehadiran Mata yang di musim ini terpinggirkan bisa jadi akan menghasilkan sebuah simbiosis mutualisme.

Berikut Goal Indonesia jabarkan lima hal yang bisa diharapkan Manchester United dari seorang Juan Mata.



Meski ia bukan seorang box-to-box midfielder yang diinginkan para penggemar Manchester United, namun Mata adalah seorang pemain kelas dunia yang pandai membuat peluang. Dalam hal ini, kehadirannya akan memanjakan Wayne Rooney dan Robin van Persie yang bakal ditempatkan di depan.

Selama dua setengah musim membela Chelsea, sebanyak 227 peluang berhasil ia ciptakan. Dibandingkan dengan pemain United yang ada sekarang ini, RvP (171), Rooney (140), Valencia (125), Nani (90), Evra (87) dan Young (86), Mata pastinya lebih unggul.



Mata adalah seorang pemain multifungsi. Meski posisi idealnya adalah gelandang serang, namun tak jarang ia beroperasi dari sayap. Sepanjang bermain di Liga Primer, umpan silang yang sudah dilakukannya jumlahnya jauh lebih banyak dari yang dilakukan pemain United mana pun itu. Musim lalu, Juan Mata mencatat 70 umpan silang.



Gelandang asal Spanyol ini merupakan master dalam menciptakan umpan penting bagi rekan setimnya, sebagaimana ia yang hanya tertinggal dari David Silva dan Leighton Baines dengan 2,7 operan penting per laga di musim lalu. Dalam hal ini, Mata memiliki 1,3 key passes dan 2,8 akurasi bola panjang per laga, yang menunjukkan bahwa ia ingin melakukan hal lebih ketimbang hanya menjaga bola.

Whoscored menyebut Mata memiliki karakteristik andalan dalam hal umpan-umpan penting, tendangan bebas dan eksekusi bola-bola mati. Sementara umpan silang, umpan terobosan, penyelesaian akhir dan kemampuan menjaga bola serta keahlian memainkan tempo juga tak bisa diremehkan. Di musim ini, Manchester United membutuhkan perbaikan kualitas di sektor tersebut.



Dengan pemain lini tengah United yang kurang berkontribusi di musim ini, hadirnya Juan Mata tentu bakal menambah kualitas di tim. Selain itu, klub asal Old Trafford ini mungkin akan mendapat keuntungan besar dengan motivasi terselubung yang dimiliki Mata, yakni tampil di Piala Dunia.

Itu berarti, pemain Spanyol ini akan tampil habis-habisan hingga Mei untuk bisa mendapatkan jatah tempat di skuat La Furia Roja sebagaimana di Chelsea ia sulit melakukannya karena kalah bersaing dengan Oscar dan Eden Hazard. Sementara di United, bisa dikatakan kualitasnya sedikit lebih baik dibanding Ashley Young, Luis Nani dan Antonio Valencia untuk posisi starter.



Mantan mahasiswa jurusan jurnalisme di Universitas Politecnica de Madrid ini diberkahi paket lengkap dalam gaya bermainnya. Selain memiliki teknik di atas rata-rata, ia mampu mengontrol bola dengan visi yang luar biasa. Disamping itu, Mata juga mempunyai keahlian dalam melewati lawan.

Sebagaimana dijabarkan mantan manajer Chelsea Andre Villas-Boas, ia menyebut Mata sebagai pemain impian, dengan berkata: "Dia merupakan pesepakbola yang bisa mencetak gol dan memberi assist, dan ia juga bisa masuk tim manapun di dunia."



http://ift.tt/1eIIurc

0 comments:

welcome to my blog. please write some comment about this article ^_^