Berita Hot: Gempa 25 Januari 2014: Kebumen Terasa Sampai Jogja, Magelang ...





Gempa bumi Kebumen terasa sampai Jogja, tadi siang, Sabtu. Gempa 25 Januari 2014 terjadi sekitar pukul 12:14 WIB. Mengutip Tribunnews, warga 'kota gudeg' rasakan getaran hingga 2 menit yang dimulai dari getaran kecil, berhenti, lalu bergetar lagi dengan agak kencang. Menurut BMKG, gempa juga dirasakan di Magelang dan Solo.

Warga Yogyakarta di perumahan langsung berhamburan keluar. Pengendara sepeda motor menghentikan kendaraannya. Beberapa diantaranya mereka mengaku pusing dan ada laporan warga yang tembok rumahnya retak.

Akmal Rasyid, warga Jogja yang tinggal di Bantul menulis di akun Facebook-nya jika gempa yang ia rasakan terjadi dua kali berturut-turut. Cuaca di Jogja sejak tadi pagi diselimuti mendung tebal dan terindikasi akan hujan.

Hampir seluruh wilayah DIY merasakan getaran dan bahkan sampai terasa di kota lain seperti Kalasan, Solo, dan Magelang, Jawa Tengah hingga Madiun, Jawa Timur. Endang, warga Kulonprogo menuturkan bagaimana pengalamannya saat gempa terasa pada pukul 12:13 WIB.

"Ada gempa terasa banget getarannya. Pas gempa pertama enggak terlalu terasa. Tapi yang kedua yang jaraknya dekat, getarannya keras banget," ujar warga Sentolo, Kulonprogo ini.

Menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dengan kekuatan 6,5 Skala Richter (SR) terjadi pada pukul 12:14 WIB di kedalaman 48 km dan 104 km barat daya Kebumen, Jawa Tengah.

BMG memastikan jika gempa ini tidak akan menimbulkan tsunami.

http://ift.tt/1l9aj1P

0 comments:

welcome to my blog. please write some comment about this article ^_^