Berita Hot: Gempa Sekitar Gunung Merbabu Bukan Vulkanik



Selasa, 18 Februari 2014 | 10:18 WIB



Pemandangan gunung Merbabu yang terbakar terlihat dari desa Sengi, kecamatan Dukun, kabupaten Magelang, Jawa Tengah (28/9). Kebakaran hutan yang terjadi mulai Selasa, 27 September ini masih belum diketahui penyebab pastinya dan diperkirakan menghanguskan lahan seluas 50 hektar. TEMPO/Suryo Wibowo

REDEBOLIVIA , Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan gempa yang menggoyang kawasan sekitar Gunung Merbabu bukan gempa vulkanik. Kepala PVMBG. Muhammad Hendrasto, mengatakan gempa tersebut adalah tektonik.

Senin kemarin, warga yang tinggal di lereng Gunung Merbabu dikejutkan oleh gempa yang terjadi di sekitar gunung tersebut. Selain itu, warga juga beberapa kali mendengar suara dentuman keras yang muncul dari sekitar areal gunung. Akibatnya sejumlah rumah mengalami kerusakan dan tanah di sekitar pemukiman warga mengalami retakan.

Hendrasto mengatakan, gempa yang terjadi di sekitar Gunung Merbabu merupakan gempa teknonik yang cakupan masih lokal. Menurutnya, salah satu ciri gempa vulkanik adalah dampak gempa yang tidak menimbulkan kerusakan di atas permukaan tanah. "Kan, kalau gempa kemarin sampai merusak rumah dan tanah sampai retak," ujar dia, Selasa, 18 Februari.

Menurutnya, jika gempa yang terjadi kemarin adalah gempa vulkanis, maka Gunung Merbabu bisa dipastikan sudah meletus. Bahkan, letusan gunung itu bisa cukup besar karena gempanya sampai menimbulkan kerusakan di pernukaan tanah.

Adapun untuk kondisi gunung, Hendrasto mengatakan status Gunung Merbabu saat ini masih normal. Dia juga memastikan tidak ada peningkatan aktivitas vulkanologi pascagempa yang terjadi kemarin. "Sekarang gunungnya baik-baik saja, tidak ada perubahan apapun," ujarnya. DIMAS SIREGAR Terpopuler :Demi Cucu, Bos Sritex Lukminto Ziarah WalisongoRupiah Kembali Paling Perkasa Se-Asia Kata BRI dan BNI Soal Utang Korban Kelud Dampak Kelud, Bandara Juanda Rugi Rp 2,5 Miliar

http://www.tempo.co/read/news/2014/02/18/078555258/Gempa-Sekitar-Gunung-Merbabu-Bukan-Vulkanik

0 comments:

welcome to my blog. please write some comment about this article ^_^